Manfaat Wortel dan Kandungan


Manfaat Wortel Dan Kandungan Sayuran berwarna orange ini memiliki banyak penggemar karena rasanya yang  enak dan fungsi juga kandungan yang terdapat dalam wortel ini sangat banyak. Wortel ini  mengandung  banyak sekali manfaat dan kandungan yang  baik untuk tubuh. Tak heran inilah alasan mengapa banyak sekali pecinta wortel. Sering mengkonsumsi wortel ini baik untuk kesehatan Anda. Karena banyak sekali manfaat yang terkandung di dalamnya.


Kandungan Pada Wortel
Wortel mengandung beta karoten yang berguna sebagai antioksidan. Manfaat lain terdapat pada kandungan serat, vitami K, dan kalium. Serat makanan yang terkandung pada wortel mampu memperbaiki kondisi saluran pencernaan yang terganggu seperti diare atau konstipasi. Kandungan palilng banyak yang terdapat pada wortel adalah air dan karbohidrat, sedikit mengandung protein tetapi kaya akan vitamin A yang berperan  dalam pembentukan bera karoten.

Kandungan Vitamin lainnya pada wortel adalah;
Ø Biotin
Merupakan salah satu vitamin B yang beperan penting dalam metabolisme lemak dan protein dalam tubuh.
Ø  Vitamin K1
Dikenal sebagai phylloquinone yang sangat penting dan sangat diperlukan tubuh utuk pembentukan darah dan dapat menjaga kesehatan tulang.
Ø  Vitamin B6
Vitamin B lain dan juga Vitamin B6 sangat berperan dalam pengubah makanan menjadi energi.
Ø  Kalium
Merupakan mineral penting sebagai pembantu berbagai fungsi tubuh, sebagai sumber tenaga dan menguatkan otot, menutrisi jantung, dan mengendalikan tekanan darah.

Selain mengandung berbagai vitamin, kandungan lainnya dalam wortel adalah senyawa tanaman, diantaranya ; alfa-karoten, lutein, polyacetylenes dan antosianin.

Manfaat Lain wotel diantaranya;
Kandungan vitamin A yang tinggi, baik untuk kesehatan mata. Konsumsi wortel disarankan khususnya untuk orang-orang yang mengalami penyakit-penyakit mata atau yang ingin memiliki mata sehat tanpa memiliki penyakit mata dan  harus berkacamata.

Manfaatnya selain untuk kesehatan mata, juga masih banyak lagi manfaat wortel untuk tubuh diantaranya ;
·      Wortel kaya akan betakaroten yang efektif untuk mengurangi resiko penyakit jantung dan kanker, kanker prostat, usus besar dan kanker perut dan konstipasi.
·      Mengurangi tingkat kolestrol yang tinggi yang menjadi faktor resiko munculnya penyakit jantung.
·      Menurunkan berat badan karna dapat mengenyangkan, maka dapat mengurangi asupan kalori pada makanan berikutnya.
·      Meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit infeksi
·      Membantu mengeluarkan senyawa yang bersifat karinogen melalui tinja
·      Mencegah kolesterol dalam darah,
·      Sangat baik untuk kesehatan mata.

Selain sangat bagus untuk kesehatan mata, wortel juga mempunyai manfaat lain yang sangat penting kawan. Seperti yang saya tulis diatas. Mengkonsumsi wortel disarankan bagi Anda yang ingin memiliki tubuh sehat. Baik teman-teman sekian manfaat wortel untuk badan yang bisa saya tulis. Semoga bermanfaat untuk Anda sekalian.



EmoticonEmoticon